Wartawan dan dunia mereka yang memalukan

Rusdi GoBlog

yellow-journalismKenyataan bahwa ada 83 wartawan menerima duit dari Kementerian Energi, sebetulnya hanya puncak dari gunung es tentang bagaimana uang dari banyak lembaga selama ini mengalir pada wartawan, media, dan organisasi wartawan.

oleh Rusdi Mathari
Lebih setahun yang lalu, wartawan di Kanada terlibat polemik soal boleh-tidaknya wartawan menerima uang. Mereka sudah paham, menerima uang dari sumber untuk peliputan jurnalistik adalah perbuatan haram, tapi yang menjadi persoalan bukan itu. Mereka menggugat para wartawan yang menerima bayaran setelah menjadi pembicara atau memberikan saran dalam sebuah diskusi yang diadakan oleh perusahaan atau organisasi tertentu.

Polemik mereka dipicu oleh Peter Mansbridge, kepala koresponden dan pembaca acara televisi Canadian Broadcasting Corporation [CBC]. Mansbridge diketahui menjadi pembicara dalam sebuah acara diskusi yang diadakan oleh organisasi produsen minyak Kanada, Desember 2012. Dia memuji-muji industri minyak, dan setelah itu mendapat bayaran.

Mansbridge karena itu dituding telah memanfaatkan pengaruhnya sebagai wartawan untuk industri minyak dan bisa menimbulkan konflik kepentingan. The…

View original post 909 more words

Advertisements