Tuhan yang Posesif

Tuhan mungkin orang paling posesif yang pernah ada. Dia tidak mau kita menyembah yang lain selain-Nya. Melarang kita melakukan hal-hal di luar peraturan-Nya. Menjauhkan kita dari hal-hal yang kita cintai tapi yang mungkin membuat kita melupakan-Nya.

Dia bahkan tidak segan menjatuhkan hukuman kalau kita lebih menyayangi orang lain ketimbang diri-Nya. Memberikan sanksi saat itu juga ketika kita tertangkap basah sedang bercinta dengan orang yang dibenci-Nya. Atau memutuskan meninggalkan dan menjadikan kita sebagai makhluk paling kotor dan penuh dosa.

Tapi Tuhan memiliki rasa kasih sayang yang jauh lebih besar dari yang pernah kita rasakan. Mengecup kening dan mengelus kening kita dengan halus saat kita tengah berdoa menghadap-Nya lima kali atau lebih dalam sehari. Memberi ribuan kesempatan untuk kita memperbaiki perilaku meski kita sudah berulang kali berlaku ingkar. Memberikan perlindungan dari segala rasa ketidaknyamanan yang diciptakan makhluknya.

Tuhan mungkin memang orang paling posesif yang pernah ada. Tapi Ia selalu ada ketika yang lain memilih untuk pergi meninggalkan. Bahkan ketika kita melupakannya sekalipun. Ia berjanji untuk selalu ada.

Lantai 12, 8 Januari 2013.

Advertisements