Terjatuh

Seminggu lalu kaki saya kecengklak. Tidak pakai acara jatuh, hanya kecengklak karena berjalan di jalanan yang tidak rata. Ngilu dibuatnya. Berjalan normal nyaris tidak bisa. Memaksa jalan akibatnya saya jadi terlihat seperti orang bodoh. Mendapat pandangan kasihan dari semua orang.

Ini bukan kali pertama kaki kanan saya terluka. Satu tahun lalu luka yang sama pernah saya alami. Sakit, ngilu, juga malu. Soalnya saya begitu saja terjatuh di depan banyak orang. Rasa malunya sama besarnya dengan rasa ngilu. Sialan.

Tapi baik sekarang maupun satu tahun lalu saya tidak pernah menyerah untuk tetap berjalan. Langsung berdiri begitu terjatuh. Meringis sedikit maklumlah. Tapi tanpa tangis. Tidak boleh menangis. Percuma menangis tidak bisa menghilangkan ngilu yang terasa sampai ke ubun-ubun ini.

Kata dokter juga begitu. Kaki yang sakit jangan dimanja. Harus terus digerakkan. Jangan takut sakit. Kamu harus terus berjalan. Walau tertatih dan butuh pegangan. Karena saya tahu sakit ini pasti akan berlalu. Dan esok saya akan bisa kembali berjalan normal lagi.

Sama kayak hati.

Ririn Agustia, 22 September 2012

Advertisements